Surat Kuasa Tax Amnesty

by

13 Tax amnesty ideas | pengampunan, surat pengunduran diri, surat
Source: id.pinterest.com

13 Tax amnesty ideas | pengampunan, surat pengunduran diri, surat.

Amnesti Pajak : Kepemilikan Harta & Nominee
Source: nusahati.com

Amnesti Pajak : Kepemilikan Harta & Nominee.

Surat Keterangan Pengampunan Pajak Tak Kunjung Datang - Drs. J. Tanzil &  Associates
Source: jtanzilco.com

Surat Keterangan Pengampunan Pajak Tak Kunjung Datang - Drs. J. Tanzil & Associates.


Cara Membuat Surat Kuasa Khusus Semua Pasti Bisa & Pasti Sah...!!!!

#SuratKuasaKhusus #SuratKuasaKhususperdata #SuratKuasa
Surat Kuasa Khusus Perdata Pidana Cerai Perceraian Surat Kuasa Umum Surat Kuasa Mutlak Surat Kuasa Tata usaha negara

Syarat dan Formulasi Surat Kuasa Khusus

Pasal 123 ayat (1) HIR, hanya menyebut syarat pokok saja, yaitu kuasa khusus berbentuk tertulis atau akta yang disebut kuasa khusus. Memperhatikan ketentuan itu, pembuatan surat kuasa khusus sangat sederhana. Cukup dibuat tertulis tanpa memerlukan syarat lain yang harus dicantumkan dan dirumuskan di dalamnya. Itu sebabnya, pada masa lalu, surat kuasa khusus sangat sederhana sekali. Cukup berisi pernyataan penunjukan kuasa dari pemberi kuasa yang berisi formulasi : “memberi kuasa kepada seseorang untuk mewakili pemberi kuasa menghadap di semua pengadilan”.

Bentuk Formil Surat Kuasa Khusus

Berdasarkan Pasal 123 ayat (1) HIR, kuasa khusus harus berbentuk tertulis (in writing). Itu sebabnya disebut surat kuasa khusus atau bijzondere schriftelijke machtiging. Tidak mungkin kuasa khusus diberikan dalam bentuk lisan (oral). Apakah undang-undang menentukan bentuk formal tertentu? Tidak! Pasal 123 ayat (1) HIR, hanya menyebut surat. Menurut hukum pengertian surat sama dengan akta, yaitu suatu tulisan yang dibuat untuk dipergunakan sebagai bukti perbuatan hukum. Oleh karena itu, bentuknya disesuaikan dengan pengertian akta dalam arti luas. Berdasarkan pengertian akta dimaksud, surat kuasa khusus dapat berbentuk antara lain sebagai berikut:

1. Akta Notaris
Boleh berbentuk akta otentik, berupa akta notaris yaitu surat kuasa itu dibuat di hadapan notaris yang dihadiri pemberi dan penerima kuasa. Perlu diingatkan kembali. Bentuk surat kuasa khusus adalah bebas (vrij vorm), tidak mesti berbentuk akta otentik di hadapan notaris. Oleh karena itu, jangan timbul anggapan jika tidak dibuat dalam bentuk akta notaris surat kuasa tidak sah. Tidak demikian! Undang-undang dan praktik peradilan tidak mengharuskan surat kuasa khusus mesti berbentuk akta otentik.

2. Akta yang Dibuat di Depan Panitera
Biasanya bentuk surat kuasa khusus ini adalah sebagai berikut :
a. Dibuat dihadapan Panitera PN sesuai dengan kompetensi relatif. Misalnya, perkara yang disengketakan menjadi kewenangan relative PN Bogor, maka pembuatannya dilakukan di hadapan Panitera PN Bogor. Bahkan ada yang berpendapat, kalau pembuatannya tidak sesuai dengan kompetensi relative yang dimiliki panitera, surat kuasa itu dianggap tidak sah. Pendapat ini dianggap sangat sempit dan formalitis. Namun, untuk menghindari penerapan seperti ini, perbuatannya lebih baik disesuaikan dengan kompentensi relative yang dimiliki panitera tersebut.
b. Dilegalisir oleh Ketua PN atau hakim
Agar surat kuasa khusus yang dibuat di depan penitera sah sebagai akta, diperlukan legalisasi atau pengesahan (wettiging) dari KPN atau hakim agar surat kuasa sah sebagai akta otentik. Di berbagai daerah, terdapat kecenderungan memaksakan pembuatan surat kuasa khusus di hadapan panitera. Pemaksaan itu dibarengi ancaman, surat kuasa khusus yang tidak dibuat di depan panitera, tidak sah dan tidak diterima di PN yang bersangkutan. Tindakan pemaksaan seperti itu, tidak ada dasar hukumnya. Perbuatan pejabat itu merupakan pelanggaran hukum dan pemerkosaan terhadap hak asasi orang yang berperkara. MA harus menghentikan praktik yang demikian dan memberi kebebasan kepada masyarakat untuk memilih cara dan bentuk yang mereka kehendaki sepanjang hal itu tidak bertentangan dengan hukum.

3. Akta di Bawah Tangan
Di atas telah dijelaskan, surat kuasa khusus berdasarkan Pasal 123 ayat (1) HIR adalah berbentuk bebas (free form). Boleh berbentuk akta otentik. Dapat juga akta di bawah tangan (onderhandse akte) yaitu akta yang dibuat para pihak (pemberi kuasa dan penerima kuasa) tanpa perantara seorang pejabat, ditandatangai oleh pemberi dan penerima kuasa, serta mencantumkan tanggal penandatanganan.
Keabsahan surat kuasa khusus yang berbentuk akta di bawah tangan, tercipta terhitung sejak tanggal penandatanganan oleh para pihak. Tidak diperlukan legalisasi dari pihak pejabat manapun. Bentuk surat kuasa di bawah tangan, dianggap lebih efisien. Pembuatannya tidak memerlukan biaya dan dapat diselesaikan dalam waktu yang relative singkat. Jika dibandingkan dengan surat kuasa berbentuk otentik yang dibuat di hadapan notaris atau panitera PN, bentuk di bawah tangan jauh lebih efektif dan efisien, karena tidak banyak waktu yang terbuang dan biaya murah (zero cost). Perlu dijelaskan, keabsahan surat kuasa khusus yang berbentuk akta di bawah tangan tidak memerlukan legalisasi. Keliru anggapan sementara hakim yang menggantungkan keabsahan surat kuasa demikian atas legalisasi. Hal ini ditegaskan dalam Putusan MA No. 779 K/Pdt/1992 yang menyatakan tidak diperlukan legalisasi atas surat kuasa khusus di bawah tangan. Tanpa legalisasi, surat kuasa itu telah memenuhi syarat formil.

Surat Keterangan Pengampunan Pajak Tak Kunjung Datang - Drs. J. Tanzil & Associates

Mengenal Formulir-formulir Pengampunan Pajak | Forum Pajak Indonesia
Source: forumpajak.org

Mengenal Formulir-formulir Pengampunan Pajak | Forum Pajak Indonesia.

Contoh Surat Kuasa Pajak Tax Amnesty – Otosection
Source: otosection.com

Contoh Surat Kuasa Pajak Tax Amnesty – Otosection.

Formulir Pengampunan Pajak – PENGAMPUNAN PAJAK
Source: pengampunanpajak.com

Formulir Pengampunan Pajak – PENGAMPUNAN PAJAK.

Related image of Surat Kuasa Tax Amnesty